Senin, 08 September 2008

senin 08-09-2008

menginstall win98,VGA card,LAN card dan membuat cableUTP/RJ 45
lankah-langkahnya

SETUP BIOS

Pada saat proses booting (start up) komputer, tekan tombol DEL (pada kebanyakan komputer) untuk masuk ke BIOS SETUP. Beberapa jenis komputer yang lain menggunakan tombol F2. Pada komputer Laptop biasanya agak berbeda, silakan rujuk pada manual Laptop Anda. Setelah masuk dalam sistem BIOS SETUP, coba Anda cari menu yang berkaitan dengan proses booting, biasanya namanya tidak jauh-jauh dari kata "boot sequence" atau "boot priority" atau yang sejenisnya. Lalu aturlah supaya proses booting ini dilakukan melalui CDROM (apabila Anda akan menginstall Windows 98 dari CD Bootable Windows) atau dari FLOPPY (apabila Anda akan menginstall Windows secara manual menggunakan sebuah CD MASTER Windows 98 yang tidak bootable - maka untuk ini Anda akan membutuhkan sebuah disket booting DOS).

1. Masukan cd bootable windows98, tunggu sampai muncul tiga pilihan pada tampilan DOS/Commant prompt, kemudian pilihlah pilihan no.1 setelah itu muncul tampilan "A:> " ketikanlah "FDISK"lalu tekan enter. (perintah ini dilakukan untuk pembuatan partisi pd hardisk). kemudian setelah itu ada tampilan 4pilihan perintah, liat kamus dulu klo misal anda tidak bsa mengartikan perintahnya,soalnya kalo dijelaskan terlalu panjang.
setelah proses pembuatan partisi anda lakukan, keluarlah dari perintah FDISK tersebut dengan menekan tombol ESC terus menerus sampai muncul tampilan kaya semula yaitu: "A:> "
kemudian lakukan pemformatan dengan hardisk yang telah di partisi tadi, dengan langkah sbb:
A:>format c:/s
tunggulah sampai 100% (sampai proses selesai)
Kemudian setelah itu restartlah komputer anda dan jangan lupa mengeluarkan CD windows 98 nya.
setelah itu restart lgi komputer anda, dan masukan lagi CD windows 98nya dan perhatikan langkah di bawah ini

Instalasi Menggunakan CD Windows 98 yang bootable

-Asumsi anda sudah mensetting BIOS seperti cara yg sudah saya jelaskan di atas yaitu booting diarahkan melalui CDROM, dan anda juga sudah memiliki sebuah CD Windows 98 yang bootable. Bootable artinya CD tsb dapat langsung digunakan untuk proses booting (startup) dan langsung menjalankan proses SETUP Windows 98. Saya sarankan anda memilih cara ini karena menurut saya cara ini lebih simple untuk dipahami (apabila anda kurang memahami sistem DOS cara ini lebih disarankan).

- Masukkan CD Windows tsb ke dalam drive CDROM lalu jalankan komputer anda - atau restart komputer anda.

- Proses booting akan berjalan, dan SETUP Windows 98 pun akan dieksekusi langsung dari CD tersebut.

- Apabila ada permintaan untuk menjalankan SCANDISK, lakukan saja hingga prosesnya selesai.

- Anda akan dihadapkan pada jendela Welcome To Windows 98 SETUP.

Sampai disini anda dapat melanjutkan proses instalasi tersebut dengan sangat mudah, yaitu hanya dengan mengklik tombol NEXT, NEXT, dan NEXT hingga proses instalasi dimulai (dapat dilihat dari progress bar).

Setelah proses setup tahap pertama selesai, komputer akan direstart. Jangan lupa untuk kembali masuk ke BIOS SETUP dan merubah "boot sequence" menjadi HDD atau C: atau HARDDISK, atau yang sejenisnya, supaya proses booting langsung melanjutkan instalasi dari harddisk.

Jika diminta CD KEY atau SERIAL NUMBER, masukkan deretan kode (biasanya terdiri dari angka dan huruf) yang ada di sampul kemasan CD Windows 98 yang anda beli.

Proses instalasi windows 98 pada komputer modern (pentium 4) memakan waktu tidak lebih dari 15 menit, dan butuh waktu sekitar 30 menitan pada sistem lama seperti pentium 2 atau MMX.

UTP Cable (khususnya CAT5 / CAT5e)

kabel3.jpg

Connector yang bisa digunakan untuk UTP Cable CAT5 adalah RJ-45. Untuk penggunaan koneksi komputer, dikenal 2 buah tipe penyambungan kabel UTP ini, yaitu straight cable dan crossover cable. Fungsi masing-masing jenis koneksi ini berbeda, straight cable digunakan untuk menghubungkan client ke hub/router, sedangkan crossover cable digunakan untuk menghubungkan client ke client atau dalam kasus tertentu digunakan untuk menghubungkan hub ke hub.

Straight Cable

Menghubungkan ujung satu dengan ujung lain dengan satu warna, dalam artian ujung nomor satu merupakan ujung nomor dua di ujung lain. Sebenarnya urutan warna dari masing-masing kabel tidak menjadi masalah, namun ada standard secara internasional yang digunakan untuk straight cable ini, yaitu :

Koneksi minimum berdasarkan standar EIA/TIA-568B RJ-45 Wiring Scheme :

Pair#2 is connected to pins 1 and 2 like this:

Pin 1 wire color: white/orange

Pin 2 wire color: orange

Pair#3 is connected to pins 3 and 6 like this:

Pin 3 wire color: white/green

Pin 6 wire color: green

Sedangkan sisa kabel-nya dihubungkan sebagai berikut

Pair#1

Pin 4 wire color: blue

Pin 5 wire color: white/blue

Pair#4

Pin 7 wire color: white/brown

Pin 8 wire color: brown

Tidak ada komentar: