Selasa, 27 Mei 2008

memory sdram





Posted by Migrasi Windows Linux • Monday, March 31. 2008 • Category: Migrasi Windows ke Linux
Jika ada rekan-rekan ingin melakukan instalasi Zimbra, baik pada komputer fisik secara langsung ataupun menggunakan virtualisasi (VMWare, VirtualBox, Qemu), harap perhatikan besar memori (RAM) yang digunakan.

Jika menggunakan memori kurang dari spesifikasi minimal Zimbra (minimal 384 MB, disarankan diatas 512 MB), Zimbra akan mogok melakukan instalasi pada saat melakukan instalasi Zimbra Core. Zimbra menggunakan Apache Tomcat pada versi 4.5.X yang membutuhkan memori yang cukup besar sebagai heap memorinya. Hal ini menjadi perhatian utama para developer Zimbra hingga mereka memutuskan untuk menggunakan Jetty sebagai web server pada Zimbra versi 5.X.X.

Dilihat dari sisi spesifikasi minimal, Zimbra memang membutuhkan spesifikasi diatas mail server yang biasa berjalan dilingkungan Linux, seperti postfix, qmail maupun sendmail. Meskipun demikian, hal ini semestinya tidak menjadi masalah mengingat harga memori yang sudah relatif cukup murah (1 GB RAM DDR II saat ini bisa didapat dengan harga Rp. 200 ribu).

Jika menggunakan virtualisasi untuk testing Zimbra, sebaiknya berikan memori minimal sebesar 512 MB agar Zimbra dan guest OS dapat dijalankan secara sempurna, apalagi jika guest OS yang diinstall dilengkapi dengan aplikasi grafis untuk kemudahan manajemennya.

Tidak ada komentar: